Tugas Kepariwisataan Gorontalo

GORONTALO

Gorontalo adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember, 2000 dan memiliki Ibu kota provinsi bernama sama yaitu, Kota Gorontalo. Sama halnya dengan ibu kotanya, Provinsi Gorontalo terkenal dengan julukan "Serambi Madinah". Dalam catatan sejarah Indonesia, satu-satunya Presiden RI yang berasal dari Suku Gorontalo adalah Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. DR. Ing. B.J. Habibie, dari garis keturunan ayahnya yang memiliki marga Habibie, yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie
Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan Otonomi Daerah di Era Reformasi, Provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia..
Disisi lain, masyarakat Gorontalo juga memiliki budaya "Moleleyangi" atau dalam bahasa Indonesia disebut "Merantau", dimana penyebaran etnis Gorontalo paling banyak tersebar di Sulawesi UtaraSulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur. Ditengarai, penyebaran Diaspora Orang Gorontalo telah mencapai 5 kali lipat dari total penduduknya sekarang yang tersebar di seluruh dunia.

Potensi Wisata :
  • Wisata Pulau Cinta

pulau cinta Gorontalo
Selain memiliki bentuk unik, ternyata pantai di sekeliling pun sangat indah nan eksotis, tak heran bila pulau tersebut dijuluki Maldives island Indonesia. Nah buat sobat sedang dibuat mabuk bucin, maka bisa berlibur bareng si doi, setidaknya wisata Gorontalo tersebut menjadi alternatif wisata romantis di Indonesia. Sebelum menjadi objek wisata hits di Gorontalo seperti sekarang, pulo cinta merupakan salah satu dari puluhan pulau di Provinsi Gorontalo tak berpenghuni. Tetapi berkat potensi keindahan dimilikinya, pihak pemerintah mulai lah melakukan pengembangan destinasi wisata menjadi objek wisata yang dilengkapi fasilitas eco resort 15 cottage. Dimana tiap-tiap cottage atau penginapan berada di tengah pantai serta dihubungkan oleh jembatan-jembatan kayu sehingga keseluruhan nampak seperti bentuk tanda hati.
  • Desa Wisata Religi Bongo


Desa Wisata Religius Bongo terletak di  Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Dapat ditempuh dalam waktu 20 menit, 10 km dari pusat Kota Gorontalo dengan berbagai sarana kendaraan, atau yang suka tantangan bisa menggunakan perahu masyarakat sambil memandang tubuh molek Gorontalo dari arah laut Tomini.
Desa ini diapit oleh 2 bentang lahan yaitu sebuah bukit karst besar yang biasa disebut Gunung Tidur dan hamparan Teluk Tomini yang membiru. “Bongo” adalah bahasa Gorontalo dari Buah Kelapa. Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.
Desa Bongo letaknya sangat strategis karena berdekatan dengan tempat-tempat wisata lainnya. Letak seperti ini akan menarik jika dikemas menjadi produk perjalanan wisata. Objek wisata yang berdekatan dengan Desa Wisata Bongo di antaranya Tangga Dua Ribu yang berada di Teluk Kota Gorontalo.
Objek ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena pantainya yang indah dan merupakan pusat jajanan kuliner Gorontalo. Daya tarik lainnya adalah objek wisata Pantai Biluhu yang berada di Desa Biluhu, yang menawarkan pantai dan tebing-tebing yang indah; Objek Wisata Tanjung Kramat berada di Desa Tanjung Kramat, dikenal dengan Goa LO Milate. Objek wisata ini berada di tepi pantai dan sebagai tempat pemakaman para wali di daerah Kota Gorontalo.
  • Pantai Dunu
 

Pantai Dunu merupakan salah satu kekayaan alam wisata bahari yang berada Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. keindahan alamnya cukup menngiurkan bagi pengunjung. ke indahan Pantai Dunu sudah dikenal luas oleh masyarakat Gorontalo Utara, serta masyarakat lainnya di luar Kabupaten Gorontalo Utara. Bahkan, tak sedikit warga dari Kabupaten Bolmong Utara (Provinsi Sulawesi Utara) dan warga Kota Gorontalo juga datang untuk menikmati keindahan panorama alam yang natural, Pantai dengan ombak yang ramah ini sering digunakan oleh wisatawan untuk berenang, main pasir.
  • Pantai Tenilo
Image
Lokasi wisata Gorontalo, Pantai Ratu bisa menjadi salah satu pilihannya. Pantai itu terletak di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Memiliki garis pantai yang panjang, pasir putih, dan keindahan laut, membuat Pantai Ratu cocok dinikmati di akhir pekan. Para pengunjung bisa menikmati gazebo yang berada di atas permukaan laut. Untuk mencapai gazebo, ada koridor kayu yang menghubungkannya. Ada juga perahu yang bisa dinikmati pengunjung. Bagi yang memutuskan untuk bermalam di sini, jangan khawatir, karena di sini juga tersedia cottage berukuran 4×6 meter.
Budaya:
  • Rumah Adat
Hasil gambar untuk rumah adat gorontalo

  • Pakaian
Hasil gambar untuk pakaian adat gorontalo"
Something To Buy:
  • Kain Karawo

  • Kopi Pinogu

  • Kue Karawo



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setelah lulus pilih kerja / kuliah?